logo OANC army 512w

Pada akhir tahun 1990 sampai dengan awal tahun 2000 perkembangan internet di Indonesia cukup signifikan dan hal ini turut berpengaruh terhadap cara berkomunikasi penggunanya. Saat itu mulai lahir komunitas-komunitas dengan kesamaan minat yang berinteraksi melalui dunia maya, yang kemudian membentuk komunitas online melalui media mIRC, mailing list (milis) maupun forum. Beberapa komunitas online yang terbentuk tersebut salah satunya dari kalangan penggiat outdoor.

Salah satu forum online yang berkembang cukup pesat pada saat itu adalah Kaskus yang pertama kali muncul pada tahun 1999 dan mewadahi berbagai forum komunitas di dalamnya dengan beragam minat. Dikarenakan ada beberapa kaskuser (sapaan untuk member Kaskus) yang memiliki minat di kegiatan outdoor tetapi belum memiliki wadah tersendiri di Kaskus, maka mereka pun melakukan request kepada pihak pengurus forum Kaskus untuk disediakan sebuah forum khusus kegiatan outdoor. Maka pada tahun 2003 dibuatlah sebuah forum di bawah naungan Kaskus dengan nama Outdoor Adventure and Nature Clubs (OANC) dan tidak lama berselang logo OANC dibuat oleh salah satu member OANC kemudian dipilih oleh mayoritas member lainnya dan selanjutnya menjadi identitas dari komunitas OANC sampai sekarang.

Seiring berjalannya waktu, OANC tumbuh menjadi salah satu komunitas outdoor online Indonesia yang besar dengan member dari beragam umur dan lintas profesi, mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja swasta maupun wiraswasta dengan basic latar belakang organisasi Pecinta Alam maupun atas dasar suka dan hobby kegiatan outdoor semata. Di dalamnya OANC menjadi sarana diskusi para penggiat outdoor dengan beragam tema diskusi seperti review produk outdoor dan catatan perjalan sampai dengan kegiatan jual beli khusus produk outdoor. 

Kegiatan offline pun mulai berkembang, mulai dari kopdar kecil yang diikuti beberapa member sampai dengan kegiatan yang diikuti oleh lebih banyak member seperti camping, pendakian, rafting, latihan bersama dan bakti sosial.

Pada akhir tahun 2010, tercetus ide untuk mengadakan acara gathering skala nasional. Awalnya ide ini hanyalah sebuah ide iseng dan tidak berekspektasi terlalu besar. Dan akhirnya pada tahun 2011 terlaksana acara gathering nasional OANC pertama kali di Kareumbi Bandung yang merupakan kolaborasi antara member OANC wilayah Jakarta dan Bandung. Diluar dugaan acara ini dihadiri oleh sekitar 125 orang peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Dari kesuksesan acara gathering nasional OANC pertama tersebut, kemudian gathering nasional OANC berlanjut rutin setiap tahun di daerah yang berbeda dengan jumlah peserta yang semakin bertambah banyak. Maka acara gathering nasional OANC pun menjadi salah satu kegiatan offline rutin dari komunitas outdoor online di Indonesia dengan jumlah peserta terbanyak.

Pada tahun 2019, OANC mencoba membuat kegiatan offline dengan format baru yang berbeda yaitu Pasar OANC yang dilaksanakan di Bandung. Kegiatan ini merupakan salah satu sarana untuk mempertemukan seller produk outdoor, khususnya produk merk lokal, dengan calon buyer.

Kedepannya, OANC berharap tetap bisa konsisten untuk menjadi wadah dan mengadakan kegiatan yang bermanfaat bagi para penggiat outdoor di Indonesia dengan tetap mengedepankan semangat komunitas.